Orang pertama yang menemukan selfie

Orang pertama yang menemukan selfie
(Orang pertama yang menemukan selfie)
Seperti berbagai perangkat yang ada di dunia setiap perangkat dan penemuan teknologi tentu ada penemunya yaitu sosok yang menemukan teknologi tersebut baik berupa teknologi yang memberikan kemudahan pada banyak orang. Perangkat atau peralatan untuk meringan beban pekerjaan manusia ataupun trend terbaru yang mudah diikuti oleh banyak orang. Nah selfie dalam hal ini masuk kedalam trending yang saat ini telah digandrungi banyak orang. Selfie sendiri merupakan trend yang sebenarnya bukan hal yang Baru-baru sekali di dunia barat saat Awal-awal masuk ke negeri ini. Saat ini teknologi selfie telah merata pada belahan dunia. industri saat ini sudah memproduksi beragam gadget, smartphone dan utilitas untuk mempermudah aktivitas penunjang selfie itu sendiri. Seperti smartphone berbasis selfie dengan dual camera beresolusi apik. Fitur retouching langsung dari smartphone, tongsis, webcam, dan oto cam.

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai siapa Orang pertama kali  menemukan teknologi selfie ini. Berikut biografi dan keterangan penemuan awalnya, bagaimana ide selfie awalnya terjadi, bagaimana pengembangannya, hingga melahirkan apa yang disebut industri fotografi pada saat ini tak terkecuali dengan trend teknologi selfie yang mewabah di hampir semua media sosial populer saat ini. Selamat membaca.

Baca : Kenapa Tidak Boleh Selfie Menjulurkan Lidah?

Sosok dibalik ide penemuan awal Selfie

Robert Cornelius dilahirkan pada 1 Maret 1809 di Philadelphia, Pennyslvania U.S. Robert Cornelius merupakan  nama yang memiliki kontribusi utama dibalik sebuah penemuan trend teknologi populer yang saat ini dikenal dengan nama ‘selfie’. Pada ide awal penemuan selfie nya. Robert membuat pengaturan frame camera dengan pengaturan aktu berkisar sekitar 5 menit dengan tujuan untuk bisa mendapatkan cukup waktu guna  berlari ke depan area tokonya.Robert Cornelius melakukan hal tersebut hingga ia bisa mendapatkan hasil foto yang diinginkan. Nah langkah awal itulah yang saat itu diakui sebagai foto selfie yang pertama. Robert sendiri pada masa mudanya memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap bidang ilmu kimia sesuai dengan bidang yang digelutinya pada saat sekolah di swasta. Saat pendidikan sekolah nya telah usai. Robert memutuskan untuk membantu pekerjaan ayahnya sebagai spesialis pemoles material perak. Nah saat itulah ia merasa memiliki ide untuk mengabadikan foto bisnisnya agar menjadi kebanggaanya kelak. Nah itulah yang menjadi foto selfie pertama dalam sejarah.

Robert mengikuti bakatnya sebagai self portrait maka ia memutuskan menjadi seorang fotografer namun hanya berlangsung selama kurun waktu 2 tahun. Kemudian ia memutuskan kembali pada bisnis ayahnya yaitu pembuatan lampu. Ia memiliki kendali yang cukup bagus pada bisnis produksi lampu milik ayahnya sendiri dan ia telah berhasil memberikan paten pada desain lampu dari produksi yang dikembangkanya. Hingga pada akhirnya bisnis lampu nya mampu menjadi salah satu  bisnis dari Bisnis-bisnis yang paling sukses di Amerika serikat pada saat itu. Robert Cornelius pensiun pada 1877 dan menutup usia pada 1893 tepatnya pada usia 84 tahun. Jika menilik pada sejarah, foto selfie diperkirakan sudah sudah ada sejak tahun 1839 tepatnyapada era di mana fotografi pertama kali ditemukan dan belum dikembangkan menjadi industri yang Kita kenali saat ini.  Robert Cornelius ialah seorang kimiawan dan juga menjadi perintis fotografi pada masanya. Ia berasal dari Amerika Serikat yang mana ia mengabadikan foto dirinya sendiri tepatnya pada 1839.

Baca : Bagaimana Cara Selfie Seperti Professional

Pengambilan Potret Pertama

Sekitar Oktober 1839 tepatnya saat usianya 30 tahun Cornelius untuk pertama kali mengambil gambar potret dirinya sendiri dengan melakukan teknik foto selfie didalam ruangan toko kerajinan perak milik keluarganya yang terletak di bagian kota Philadelphia AS. Pada saat itu foto yang dihasilkan merupakan foto dengan skala off-center (potret di tengah gambar) dengan posisi tangan yang disilangkan menggunakan gaya rambut miring dan kusut. Dan ini merupakan hasil potret Cornelius yang dikenal sebagai potret fotografi manusia tertua di AS.

Kutipan Potret Pertama

Setelah Robert Cornelius melakukan pengambilan potret dirinya sendiri Cornelius kemudian menuliskan sebuah kutipan yang berisi teks berikut : ‘the first light picture ever taken: 1839’ yang jika diartikan memiliki makna ‘gambar cahaya pertama yang pernah diambil : 1839’. Setelah itu Cornelius menjadi sosok yang begitu terkenal pada masa itu berkat dari karya Daguerrotype atau sebuah metode / proses dalam melakukan pembuatan foto yang pertama kali dipublikasikan di dunia.

Mengembangkan dua unit studio fotografi

Sebagai cikal bakal mulai berkembangnya teknologi fotografi yang Kita kenal saat ini Robert Cornelius mulai mempertimbangkan untuk menjalankan pengoperasian dua unit studio fotograsi yang mana pada saat itu merupakan studio fotograsi dua unit pertama di AS tepatnya antara tahun 1841 dan 1843. Demikianlah ulasan dari artikel Orang pertama yang menemukan selfie semoga memberikan bermanfaat.

0 komentar :