Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Bisa Nelpon

Kenapa kartu telkomsel tidak bisa nelpon
Kenapa kartu telkomsel tidak bisa nelpon
Belakangan ini memang operator telkomsel sangat menjengkelkan. Padahal operator ini sudah mendapatkan nilai plus dari para pelanggan. Operator ini di cap sebagai operator terbaik karena fasilitas dan layanan yang diberikan dalam hal internet telepon dan lain-lain. Namun belakangan ini kartu telkomsel malah gak bisa untuk nelpon.

Karena merasa tidak seperti biasanya telkomsel seperti ini, maka saya melakukan beberapa analisis untuk memecahkan kasus ini. Dari beberapa poin yang dapat saya kumpulkan sebagai berikut, semoga ini dapat atasi nomor telkomsel yang tidak bisa untuk menelpon.

Penyebab kartu telkomsel tidak bisa nelpon

1. Tidak ada sinyal

Tidak ada sinyal
(tidak ada sinyal)
Di kebanyakan daerah memang telkomsel sangat bagus sinyal nya, namun ada beberapa daerah yang mungkin belum terjangkau karena memang belum ada BTS(Base Transceiver Station). Hal lain yang menyebabkan hilangnya sinyal adalah kondisi cuaca atau lingkungan. Pada saat hujan atau berada di dalam ruangan yang tertutup maka jaringan akan susah untuk ditemukan. Sehingga kita tidak bisa nelpon ke nomor lain atau menerima telpon.

Cara Mengatasi telkomsel tidak ada sinyal

  1. Cobalah ke tempat lapang atau ke tempat yang lebih tinggi jika memang dimungkinkan. Karena bisa jadi lokasi anda saat ini memang susah untuk mendapat sinyal karena terhalang gedung yang besar, gunung dll.
  2. Cobalah untuk masuk kedalam mode pesawat untuk beberapa detik. lebih lama lebih baik namun 10 detik cukup.
  3. Keluar dari mode pesawat dan tunggu beberapa detik maka ponsel akan secara otomatis menemukan sinyal.
  4. Setelah terlihat bar sinyal, maka silahkan coba untuk menelpon menggunakan kartu telkomsel anda.
  5. Pastikan tidak salah memilih sim yang mana untuk menelpon jika memang anda menggunakan ponsel dual sim.

Baca Juga : Cek Status Registrasi Kartu Indosat

2. Jaringan dalam mode manual

Jaringan dalam mode manual
(Jaringan dalam mode manual)
Jika cara diatas belum berhasil cobalah untuk cara berikut ini. Karena biasanya ponsel bisa saja diset dalam mode manual sehingga jika terjadi hilangnya sinyal. Ponsel hanya mencari sinyal yang sama untuk digunakan kembali. sehingga jika ponsel belum menemukan sinyal yang sama, maka anda pun tidak bisa menelpon atau pun menerima telpon yang masuk.

Beda halnya jika kita menggunakan mode otomatis, saat mode otomatis diaktifkan ketika sinyal hilang maka ponsel secara otomatis mencari sinyal lain (terbaik) untuk digunakan.

Cara menggunakan mode otomatis di ponsel

  1. Silahkan tekan *#*#4636#*#*
  2. Secara otomatis akan dialihkan kedalam mode pengujian
  3. Pilih sim mana yang ingin anda ubah modenya
  4. Setelah itu akan tampil data lengkap dari ponsel anda yang berhubungan dengan sim yang anda pilih.
  5. Scroll ke bawah dan temukan pengaturan jaringan. Disana ada tulisan Setel Jenis jaringan yang disukai
  6. Silahkan pilih jaringan yang banyak pilihannya misalnya seperti dibawah ini. Maka pilih salah satu aja
    "LTE,GSM/WCDMA"

    "LTE,EVDO,GSM/WCDMA"
    "TD-SCDMS,LTE,EVDO,GSM/WCDMA".
  7. Setelah dipilih maka jaringan akan reset secara otomatis.
  8. Tunggu beberapa detik kemudian lihat bar sinyal, jika muncul maka sudah berhasil
  9. Silahkan coba kembali untuk menelpon menggunakan nomor telkomsel tersebut
  10. Ingat, Pilih sim sesuai letak kartu telkomsel yang dipasang saat menelpon.

3. Tidak ada Pulsa karena sering tersedot tanpa alasan

Tidak ada Pulsa karena sering tersedot tanpa alasan
(Tidak ada Pulsa karena sering tersedot tanpa alasan)
Jika memang ini dialami oleh kartu yang anda punya. Maka bisa jadi saat menelpon kartu dalam keadaan tana pulsa. Karena ada sebuah layanan baik yang disengaja maupun tidak sengaja diaktifkan.
 
Kok bisa tidak sengaja? Ya di era modern ini sangat banyak sekali modus untuk mengelabuhi orang. Bisa saja dengan modus klik di halaman internet. Bisa saja disuruh dial ke bintang sekian sekian pagar atau yang lainnya. Maka biasakan sebelum menelpon, cek terlebih dahulu pulsa anda. Dengan begitu anda akan lebih tau jika ada kejanggalan dalam kartu anda.

Cara atasi Pulsa sering tersedot tanpa alasan

Dengan modus yang semakin cerdik kita sebagai pengguna operator jangan sampai terkecoh. Jika kita sudah terlanjur maka langkah berikut bisa anda coba untuk menon-aktifkan layanan tersebut walau pun kita tidak tau layanan apa yang sedang aktif sehingga pulsa kita selalu terpotong.

Jika anda menggunakan sosmed, anda juga dapat melaporkan keluhan ke dua sosmed berikut :
Jika tidak silahkan gunakan cara ini untuk tanggapan lebih cepat.

Laporkan keanehan yang anda alami ke pusat layanan telkomsel,
Anda bisa datang langsung ke Grapari telkomsel atau telepon ke pusat layanan di :
188 dengan biaya Rp300
0807 1811 811 dengan biaya telepon lokal
+628110 000 333 jika Anda berada di luar negeri degan biaya Gratis.


Baca juga : Cara Mengatasi Internet Lemot Telkomsel Agar Lebih Cepat

4. Ponsel dalam Anomali system

Ponsel dalam Anomali system
(Ponsel dalam Anomali system)
Kemungkinan ini bisa saja terjadi pada ponsel anda. Anomali merupakan suatu alur yang tidak seperti biasanya. Bisa saja ponsel anda sedang dalam keadaan ini sehingga Anda tidak dapat menelpon menggunakan kartu telkomsel Anda.

Anomali ini bisa saja terjadi karena memang ponsel anda sedang menjalankan banyak tugas sehingga ada beberapa tread yang mungkin rusak. Sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara mengatasi anomali sistem

  1. Silahkan Kill Semua proses yang berjalan di belakang layar pada ponsel Anda
  2. Matikan ponsel selamat 5 menit
  3. Hidupkan kembali
  4. Silahkan coba untuk menelpon menggunakan kartu telkomsel Anda sesuai pilihan sim yang anda gunakan
  5. Jika gagal, cobalah untuk memindahkan kartu anda ke ponsel lain (bisa jadi ke ponsel teman)
  6. Coba kembali untuk menelepon. Jika bisa itu artinya ponsel Anda yang perlu diservice. Jika tetap tidak bisa silahkan lanjut cara berikut.


5. Kartu belum didaftarakan menggunakan KTP dan KK

Kartu belum didaftarakan menggunakan KTP dan KK
(Kartu belum didaftarakan menggunakan KTP dan KK)
Sesuai ketentuan kominfo memang kartu untuk saat ini harus terdaftar menggunakan KTP dan KK sehingga layanan akan berjalan normal. Teguran demi teguran memang akan diberikan secara berurut dengan tindakan seperti berikut :
  • Tidak bisa menelpon
  • Tidak bisa ditelpon
  • Tidak bisa Internet
  • Tidak bisa sms ke nomor pelanggan lain
  • Tidak bisa menerima sms dari nomor pelanggan lain 
  • Dan yang terparah adalah kartu resmi di blokir.

Baca juga : Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya

Cara mendaftarkan 1:

  1. Silahkan cek Nomor Anda ke https://www.telkomsel.com/cek-prepaid untuk mengetahui apakah kartu anda sudah terdaftar atau belum.
  2. Jika belum silahkan melakukan pendaftaran dengan cara mengisi Nomor kartu, NIK dan KK ke alamat https://www.telkomsel.com/daftar-ulang-prepaid
  3. Setelah proses pendaftaran selesai silahkan coba kembali untuk menelpon.
  4. Jika masih gagal, Silahkan gunakan cara yang ke 2

Cara mendaftarkan 2 :

  1. Silahkan ketik ULANG 16 digit NIK#16 digit nomor KK# 
  2. Misal :
    ULANG 1000012301203012#2031117481234215#
  3. Kirim ke 4444
  4. Tuggu beberapa saat maka nomor Anda Aktif.
  5. Jika sudah, silahkan coba kembali untuk menelpon teman anda.
  6. Jika ternyata gagal, Anda bisa datang langsung ke Grapari telkomsel terdekat untuk menyelesaikan masalah ini seperti ada poin nomor 3.
Itulah uraian singkat alasan kenapa kartu telkomsel tidak bisa nelpon. Sebenarnya masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini, namun dengan keterbatasan waktu cukup poin-poin penting saja yang dapat saya tuangkan ke dalam artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu masalah anda. Saya menulis artikel ini berniat untuk membantu Anda, jadi ada baiknya artikel ini diteruskan ke teman lainnnya dengan cara share sehingga yang terkena masalah seperti judul diatas dapat terbantu. Terimakasih

0 komentar :