Video Tutorial Data Modeler - Cara Membuat ERD, ERM dan DDL

Video Tutorial Data Modeler - Cara Membuat ERD, ERM dan DDL
(Video Tutorial Data Modeler - Cara Membuat ERD, ERM dan DDL)

Oracle SQL Developer Data Modeler adalah sebuah tools grafis untuk mempermudah dalam membuat pemodelan data. Software ini dibagikan secara gratis oleh pihak Oracle dengan vasilitas yang mewah karena kita dapat membuat, melihat dan mengedit, model logis, relasional, fisik, multi dimensi, dan tipe data. Data Modeler memberikan kemampuan forward dan reverse engineering dan mendukung pengembangan kolaboratif melalui kontrol kode sumber yang terintegrasi.

Video ini akan membahas tentang tutorial Data Modeler menggunakan contoh kasus yang tertera disoal. Jika ingin memiliki soal silahkan download di link berikut.
Download Soal
(Google Drive)
Tutorial ini saya buat karena di indonesia masih sangat jarang tutorial tentang data modeler dari oracle apex sehingga menghambat proses belajar kita.Video yang berdurasi sekitar 30 menit ini membahas tentang :

  • Cara membuat file baru di data modeler
  • Memahami dan membuat Entitas Perusahaan
  • Menyusun Atribut, type data dan unique key seperti primary dan mandatori.
  • Membuat Relasi one to many, many to many.
  • Ekspor File ERD, ERM dan DDL


Terima kasih sudah menonton Video Tutorial Data Modeler yang singkat ini. Semoga Cara Membuat ERD, ERM dan DDL ini mudah dipahami sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan denga type kasus yang berbeda.

0 komentar :