NVIDIA Volta Perkenalkan Arsitektur Grafis AI

NVIDIA Volta Perkenalkan Arsitektur Grafis AI
(NVIDIA Volta Perkenalkan Arsitektur Grafis AI)

Hingga saat ini, arsitektur prosesor grafis berdasarkan Pascal sebagai GeForce GTX 1080 Ti atau titanium Xp masih mendominasi segmen high-end grafis untuk gaming. Namun, publikasi ini dirancang untuk membantu pengguna untuk bekerja secara efisien pada aplikasi yang kompleks dan beragam dari arsitektur lama, Volta arsitektur sebagian diblokir dari Frontier Edition AMD Radeon Vega, bahkan jika prosesor Tesla grafis V100 (menggunakan arsitektur Volta) diperkenalkan sebagai sistem akan menargetkan super Server pengolahan data terpusat.

NVIDIA Kenalkan Volta

Demikian pula memulai arsitektur chip dengan Pascal tahun lalu, NVIDIA memperkenalkan Volta dimulai dengan posisi terkemuka dengan chip  GV100 untuk super komputer seperti mesin Oak Ridge.

Menurut informasi yang diterbitkan, GV100 adalah chip grafis dukungan arsitektur Volta pertama independen rantai penjadwalan, memungkinkan sinkronisasi dan pengolahan data terpadu yang lebih baik mengalir secara paralel dalam aplikasi yang sama.

Melalui penjelasan rinci dari mesin Oak Ridge, chip penggunaan memori Volta GV100 HBM2 (16GB) untuk bandwidth memori mencapai 900GB/s dan mendukung komunikasi NVLink tidak menggunakan PCIe 3.0 umum .

Baca : 14 Utility Free Penting dan Wajib Untuk PC Ente

Grafis GV100 bukan untuk Individual

Sebenarnya NVIDIA tidak pernah bertujuan untuk memproduksi chip grafis GV100 untuk pengguna individu, karena  gamer profesional dunia tidak perlu kekuatan Volta. Sebaliknya, mungkin NVIDIA akan meluncurkan variasi dari Volta dengan kemampuan konversi memori HBM2 dan berkomunikasi NVLink ke dalam memori baru GDDR6 SK Hynix dan PCIe 3.0 dengan tujuan mengurangi biaya produksi.

Baca : NVIDIA Volta Perkenalkan Arsitektur Grafis AI

Chip King Volta GV100

NVIDIA Chip Volta  GV100 versi full yang dibangun oleh produsen TSMC yang berisi :

  • 21,1 miliar transistor
  • 6 grafis cluster pengolahan GPC (Graphics processing cluster)
  • Prosesor multithreaded 84 SM (Streaming Multiprocessor)
  • 42 klaster pengolahan tekstur permukaan TPC (tekstur pengolahan cluster) dan driver 8 512-bit memori (Total protokol memori 4.069- bit dan mendukung 16GB standar memori HBM2). 
Chip Volta GV100 juga meningkatkan pemanfaatan sumber daya dari GPU untuk memberikan komputasi kinerja secara signifikan dan telah menambahkan banyak fitur baru dibandingkan dengan pendahulunya. Di sisi lain, NVIDIA juga menjanjikan GV100 dapat menghemat energi prosesor, memberikan kinerja yang luar biasa.

Baca : Kenapa Hp Cepat Panas? ini Cara Atasi Penyebabnya

Volta baru GV100 dan Tesla V100

NVIDIA memperkenalkan kinerja tertinggi dunia GPU dengan perbaikan yang sangat banyak dalam teknologi. Prosesor maju grafis menyediakan platform yang luar biasa untuk komputasi kinerja sistem (HPC) baik dalam perhitungan ilmiah (dalam ilmu simulasi) dan data ilmiah, dapat membantu ilmuwan memecahkan masalah yang sebelumnya tidak bisa diraih. Selain itu, NVIDIA Tesla menuju V100 juga menyediakan daya untuk kecerdasan buatan, AI dan beberapa pelatihan kerja yang berhubungan dengan grafis canggih.

Baca : Kenapa indosat lemot banget? ini penyebab dan solusi nya

karakteristik dari Volta arsitektur grafis


Processor multithreaded SM (Streaming Multiprocessor):

  • Volta didesain ulang multithreaded prosesor untuk efisiensi yang lebih tinggi dalam arsitektur Pascal sampai sekitar 50%.
  • Dengan dukungan dari para pekerja yang dirancang khusus Tensor, Tesla V100 (Volta) memberikan pelatihan kinerja lebih dari 100 TFLOPS.
  • 5 kali lebih bagus dibandingkan dengan Tesla P100 (Pascal).
  • Kombinasi L1 data cache (Data Cache) dan Shared Memory meningkatkan kinerja hardware  secara signifikan.
Baca : Cara Melihat Wajah Kita di Masa Depan-Aplikasi Prediksi

NVLink Generasi 2:

  • Komunikasi berkecepatan tinggi NVIDIA NVLink untuk PCIe bandwidth yang lebih tinggi hingga saat ini 5-12 kali, bisa mencapai maksimal hingga 25Gb / s.
  • Meningkatkan skalabilitas untuk mengkonfigurasi sistem komputer yang menjalankan multi-GPU / CPU.
  • Saat ini, superkomputer dilengkapi dengan Tesla prosesor grafis V100 dengan total bandwidth hingga 300Gb / s.

Memori HBM2:

  • Memori baru Samsung dapat mencapai hingga 900GB memori bandwith / s.
  • Dengan demikian, kombinasi dari memori dan driver HBM2 generasi baru dari chip memori menyediakan bandwidth memori lebih dari 1,5 kali Pascal gp100 Chip.

Multi-Process Service (MPS):

  • MPS merupakan fitur baru dari Volta arsitektur yang menyediakan kemampuan untuk akselerasi hardware dari komponen-komponen penting dari server CUDA MPS.
  • Memungkinkan peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan yang lebih baik dalam beberapa aplikasi multi-GPU.
  • Volta memaksimalkan MPS 3 kali jumlah MPS klien, dari 16 dalam arsitektur menjadi 48.
Baca : Nomor Kartu 0898 dan 0899 operator apa? ini provider nya

Pilihan modus

1. Maximum Performance

Dalam mode Maximum Performance, V100 Tesla akan beroperasi terbatas 300W TDP untuk mengeksploitasi sepenuhnya aplikasi menuntut tercepat kecepatan komputasi dan transfer data tingkat tertinggi.

2. Efisiensi Maksimum

Pada modus Efisiensi Maksimum, seorang manajer data center dapat menyesuaikan penggunaan daya dari Tesla V100 untuk beroperasi dengan kinerja yang optimal per Watt. Batas energi mungkin berlaku untuk beberapa GPU secara bersamaan. Secara signifikan hal ini dapat mengurangi konsumsi energi dan dapat memastikan keuntungan efisiensi operasional yang diperlukan.