Penjelasan Metode Waterfall pengembangan sistem

Penjelasan Metode Waterfall  pengembangan sistem
(Penjelasan Metode Waterfall pengembangan sistem)

Bagi seorang pengembang sistem sebuah metode atau model waterfall ini sangatlah wajib untuk di ketahui, dengan menggunakan metode ini maka seorang developer akan di permudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga akan menghemat waktu, tenaga dan pikiran saat mengerjakan sebuah proyek pengembangan perangkat lunak. Dalam artikel ini kita akan mempelajari mengenai pengertian waterfall, alur kerja waterfall serta beberapa penjelasan contoh yang telah saya beri judul "Pengertian Metode Waterfall serta Penjelasan dalam pengembangan sistem".

Pengertian Waterfall

Waterfall atau sering juga disebut air terjun adalah sebuah metode dalam pengembangan sistem yang dilakukan untuk membuat pembaruan sistem yang berjalan.

Menurut Buku Rosa Metode pengembangan sistem merupakan proses mengembangkan atau mengubah suatu sistem perangkat lunak dengan menggunakan metode-metode atau model-model yang digunakan orang untuk mengembangkan sitem-sistem perangkat lunak sebelumnya dengan memiliki alur hidup perangkat lunak secara sekuensial atau terurut dimulai dari analisis, desain, pengodean, pengujian, dan tahap pendukung (support).

Dan untuk gambarannya dapat di ilustrasikan seperti gambar berikut ini :

Desain Pengodean Pengujian Analisis Sistem/Rekayasa Informasi

Baca : Penjelasan dan download Edraw Max Pro Lisence Gratis oleh Edrawsoft


Penjelasan Alur Metode Waterfall


Analisis

Analisis atau analisa ini merupakan tahap awal yang dilakukan oleh peneliti dalam mengembangkan sistem. Dalam analisis ini harus mendapatkan beberapa hal yang dianggap menunjang penelitian yang dilakukan, seperti : mencari permasalahan yang ada, mengumpulkan data (data fisik, non fisik), wawancara dan lain-lain. Dalam tahap awal ini penulis dituntut untuk benar-benar melakukan penelitian yang terarah seperti contohnya untuk penelitian Teknik Informatika.

Untuk menentukan pokok permasalahan peneliti harus memilih terlebih dahulu permasalahan globalnya (misal : Jaringan), kemudian membagi lagi menjadi beberapa sub kecil (misal : pengiriman paket data), dan membagi kembali hingga tertuju pada titik fokus (misal : enkripsi data).

Selengkapnya :
Cara Melakukan Tahap Analisis Metode Waterfall Untuk Penelitian


Desain

Desain yang dimaksud bukan hanya tampilan atau interfacenya saja, tetapi yang dimaksud desain dalam metode ini adalah desain sistem yang meliputi : alur kerja sistem, cara pengoprasian sistem, hasil keluaran (output) dengan menggunakan metode-metode seperti UML (Unified Modeling Language) tampilan sistem dan lain-lain yang telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan pada tahap awal untuk menyelesaikan permasalahan tersebut

Sehingga programmer atau pihak yang terlibat dalam pembuatan kode programs akan dipermudah karena sudah terarah seperti apa sistem ini akan berjalan dan seperti apa alur yang ada didalam sistem maupun diluar sistem. Contoh desain sistem salah satunya adalah seperti Artikel saya yang berikut ini : Pengertian dan Contoh Class Diagram dengan Edraw max

Pengodean

Bagian pengodean merupakan bagian para programmer untuk memasukan script kode pemrograman kedalam sebuah software programming untuk menghasilkan aplikasi yang telah di desain, software programming yang dapat digunakan harus disesuaikan dengan desain sistem yang dibuat (misal : untuk ponsel, Desktop, Website, anginer dan lain-lain). Untuk software programming dapat menggunakan Borland C++, Dev C++, Delphi, Visual Basic, NetBeans dan lain-lain.

Pengujian dan tahap pendukung (support)

Tahap ini adalah tahap pengujian dan tahap pendukung yang artinya sistem yang telah dibuat dari hasil analisis masalah yang telah melalui tahap-tahap desain, pengodean barulah masuk kedalam pengujian sistem, sehingga akan dapat diketahui seperti apa hasil kinerja sistem yang baru ini dibandingkan dengan sistem yang lama, kemudian dapat diketahui pula apakan dalam sistem yang baru ini masih ada kelemahan yang kemudian akan dikembangkan oleh peneliti berikutnya.
Baca juga : Penjelasan sistem informasi dari berbagai pakar ahli
Itulah ulasan dari saya tentang Pengertian Metode Waterfall serta Penjelasan dalam pengembangan sistem semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengembangkan sistem atau yang tengah dilanda laporan, proposal dll. Semoga bermanfaat...

0 komentar :