Penjelasan Simbol Class Diagram dan Fungsinya dalam UML

Penjelasan Simbol Class Diagram dan Fungsinya dalam UML
(Penjelasan Simbol Class Diagram dan Fungsinya dalam UML)

Sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dari class diagram, jika belum silahkan baca Pengertian dan Contoh Class Diagram dengan Edraw max serta Definisi dan Macam UML menurut para ahli disertai contoh. Saya harap Anda sudah membacanya karena dengan membaca Artikel sebelumnya maka anda dapat memahami simbol-simbol ini dengan mudah. Berikut ini adalah simbol-simbol class diagram beserta penjelasannya.

Jika Anda belum memiliki atau belum tahu tentang Edraw max silahkan Download sekarang juga dengan klik link :
Penjelasan dan Link download Edraw max Pro Lisence Gratis Resmi Keluaran Pihak Edrawsoft

Simbol Class Diagram

Simbol ini saya ambil dari beberapa buku tentang pengembangan perangkat lunak. dari beberapa ahli yaitu pratama, rosa, dan sunaryo. Dari ketiga pakar ini saya jadikan satu untuk menarik sebuah kesimpulan yang saya isikan didalam kolom keterangan sebagai penjelasan simbolnya.

Tabel Penjelasan Simbol Class Diagram

No Simbol Keterangan
1 Nama Kelas di Class Diagram Simbol ini adalah sibol untuk sebuah kelas pada struktur sistem. penulisan disana tidak diperbolehkan menggunakan spasi. simbol ini memiliki 3 susunan, yaitu kotak pertama adalah nama kelas, kedua atribut dan terakhir operasi.
2 Interface dalam class diagram Lingkaran ini adalah simbol untuk interface atau dalam bahasa indonesianya antar muka. konsep yang digunakan pun sama dengan pemrogramman berorientasi object (OOP).
3 garis Simbol ini sering disebut dengan simbol Association atau dalam bahasa indonesianya yaitu asosiasi. Garis ini adalah garis yang digunakan untuk menghubungkan atau merelasikan kelas satu dengan kelas yang lainnya dengan makna umum.
4 Asosiasi Berarah dalam class diagram Nama dari sibol ini adalah indirected association atau dalam bahasa indonesianya adalah asosiasi berarah. Simbol ini merupakan simbol relasi antar kelas seperti yang diatas, namun yang membedakan pada relasi ini adalah cara penggunaannya. Simbol ini digunakan jika kelas yang satu digunakan oleh kelas yang lainya.
5 GenerGeneralisasi di dalam class diagramalisasi Simbol ini bernama Generalisasi. Generalisasi digunakan untuk menghubungkan antar kelas dengan arti umum-khusus. Jadi jika ada kelas bermakna umum dan kelas bermakna khusus dapat menggunakan simbol ini.
6 Agregasi dalam class diagram Nama dari simbol ini adalah Aggregation atau dalam bahasa indonesia nya Agregasi. Simbol ini adalah simbol yang menghubungkan antar kelas dengan makna untuk semua bagian. Jadi relasi ini digunakan jika kelas yang satu adalah semua bagian dari kelas yang lainnya.
6 Dependency dalam class diagram Nama dari simbol ini adalah Dependency atau dalam bahasa indonesia nya ketergantungan. Kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang lain. Sebuah dependency dilambangkan sebagai sebuah panah bertitik-titik.


Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas sebagai seorang pengembang. Terima Kasih karena Anda menyempatkan diri belajar sesama saya, saya harap Anda meninggalkan jejak komentar.
Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang lain sehingga ilmu ini tidak berhenti kepada Anda. Kare sedekah ilmu akan membersihkan hati kita dari keserakahan.

2 komentar

Terima kasih sudah berkomentar dengan baik.