Mahasiswa Darmajaya Adakan Pelatihan IT-Wirausaha Desa

Mahasiswa Darmajaya Adakan Pelatihan IT-Wirausaha Desa
(Mahasiswa Darmajaya Adakan Pelatihan IT-Wirausaha Desa)

Pada tanggal 7 hingga 9 Februari para  mahasiswa ini melakukan kegiatan bina desa di Budi Lestari, Tanjung Bintang-Lampung Timur. Pelaksanaan yang di ketahui  berasal dari kampus Darmajaya Bandar Lampungini merupakan latihan kepemimpinan manajemen oleh mahasiswa Tingkat menengah. Bentuk kegiatan yang dilakukan para mahasiswa ini yakni melakukan pengenalan dan pelatihan dalam bidang teknologi informasi, kewirausahaan serta mengadakan kegiatan gotong royong  desa demi menciptakan desa yang  sehat.

Pelatihan yang di adakan

Dalam praktiknya, pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga bagian yakni pelatiahan Teknologi Informasi Dasar untuk sekolah-sekolah negeri seperti  Sekolah Dasar  (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP),  pelatihan teknologi informasi yang lebih mengarah ke website bagi perangkat desa, serta pelatihan juga dilakukan untuk ibu-ibu pembina Kesejahteraan keluarga (PKK).

Badan Ekseklusif Mahasiswa IBI Darmajaya pun mengatakan bahwa kegiatan semacam ini akan dilaksanakan secara terus-menerus sehingga akan memberikan dampak positif bagi kalangan masyarakat dalam teknologi informasi baik dari sisi penggunaan dan pemanfaatan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan desa Budi Lestari dan juga desa-desa selanjutnya menjadi desa yang lebih produktif.

Harapan adanya Pelatihan  IT-Wirausaha Desa

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan secara terus-menerus diharapkan dapat memberikan efek yang sangat signifikan terhadap desa  yang bersangkutan serta dapat meningkatkan kepedulian dan jiwa sosial bagi para mahasiswa.

Selain itu, Kegiatan ini juga merupakan aksi IBI Darmajaya untuk melaksanakan sistem belajar kreatif dan adaptif  dalam bidang teknologi dan bisnis, melaksanakan dan mengembangkan berbagai penelitian inovatif dan relevan serta kebutuhan stakeholder dalam kegiatan pengabdian untuk masyarakat, menghasilkan lingkungan yang kondusif dalam belajar dan penelitian, serta melaksanakan manajemen pendidikan tinggi yang bermutu dan akuntabel, menghasilkan lulusan yang bermoral, kompeten, berkarakter didalam bidangnya dan berwawasan technopreneurship.

Apresiasi Rektor Terhadap Kegiatan Pelatihan

Badan Ekseklusif Mahasiswa IBI Darmajaya ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari Wakil Rektor. Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan pelatiahan semacam ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat desa di bidang teknologi informasi sehingga dapat memotivasi masyarakat dalam  penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi untuk berwirausaha.

Saran Pembaca

Sumber Artikel  ini saya dapat dari Berita Edukasi Bandar Lampung. Semoga degan adanya artikel ini dapat memotivasi dalam proses belajar mengajar serta hubungan sosial antar individu atau kelompok. Karena dengan adanya kegiatan semacam ini selain dapat memacu adrenalin juga dapat mengasah kemampuan diri untuk menghadapi kehidupan di masa mendatang.