Definisi Serta Contoh Composite Structure Diagram di UML

Definisi Serta Contoh Composite Structure Diagram di UML
(Definisi Serta Contoh Composite Structure Diagram di UML)

Artikel ini merupakan artikel saya yang ke enam mengenai pengembangan sistem informasi, untuk beberapa hari kedepan saya akan tetap fokus untuk menyelesaikan tulisan saya mengenai Unified Modeling Laguage atau yang sering disebut dengan singkatan UML. Pada artikel ini kita akan membahas tentang Pengertian composite structure diagram di UML serta contoh dan penjelasannya.

Pengertian Composite Structure diagram

Apa yang dimaksud dengan Composite Structure Diagram?
Composite Structure Diagram adalah gambaran struktur dari dalam sistem dalam classifier. Penggambaran diagram ini juga mencakup interaksi yang terjadi dalam sistem ke sistem lain (Bagian lain dari sistem) serta menggambarkan pengaturan dan hubungan-hubungan yang terjadi dari bagian satu ke bagian lainnya. Misalnya mesin, dengan diagram ini maka dapat dengan mudah untuk melakukan pendiskripsian dari bagian-bagian mesin yang saling berhubungan untuk melakukan suatu tugas yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama.

Contoh Composite Structure Diagram

Semoga dengan menyertakan contoh berikut ini dapat memperjelas tentang composite structure diagram ini. Contoh dibawah ini adalah diagram untuk mesin ATM secara sederhana.
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Mesin ATM :Central Processor mdm:Modem :Penyimpanan Tampilan Mekanisme :Sensor Keamanan[1..*] :Cash Catridge[1..4] :Jurnal Komputerisasi :Crypto Processor tmp:Tampilan :Tombol PIN Printer Vault 4 pk:pembaca kartu C C

Penjelasan Contoh Kasus Composite Diagram

Berikut adalah penjelasan dari contoh kasus diatas. Perhatikan sesuai dengan nomor nya, Penjelasan yang saya tulis tidak tepat pada nomor tersebut, namun berada disekitar nmor tersebut.
  1. Mesin ATM : Kotak ini merupakan nama dari struktur classifier yang sedang digambarkan dan kotak besar dibawahnya adalah komponen struktur internal yang terdapat pada classifier ini.
  2. Kotak tersebut adalah pusatnya processor yang ada di dalam sistem ATM.
  3. dibawah nomor 3 terdapat 4 kotak. Kotak tersebut bernama part box (kotak part/kotak bagian). Baris antar kotak ini biasa disebut dengan role part (baris part/baris bagian). 
  4. Kotak dengan garis putus-putus ini disebut dengan referenced role (baris yang direferensikan).
  5. Perhatikan garis garis tersebut, Garis ini disebut jalur bus yang menghubungkan antar part (bagian).
  6. Diatas nomor 6 tersebut merupakan simbol dari port.
  7. Di kotak ini terdapat angka 4 ini disebut dengan mutiplicity of part atau dapat diartikan memiliki 4 bagian.
  8. Disana terdapat kotak yang bernama "Vault" ini merupakan class bersarang dan anonim.
  9. Perhatikan di nomor sembilan dan sepuluh disana terdapat tanda [1..4] dan [1..*], ini berarti terdapat 1 sampai 4 role (baris) dan 1 sampai tak terhingga. Tanda ini diartikan sebagai tanda multiplicity of role. (Bedakan antara multiplicity of role dan multiplicity of part).
Catatan :
Dalam penulisannya jenis port dapat ditampilkan berikut nama port nya dengan dipisahkan oleh titik dua (":").
Baca juga Artikel Lengkap tentang UML
Semoga artikel ini dapat berguna buat teman-teman semua.
Terima kasih.

0 komentar :