Definisi dan Macam UML menurut para ahli disertai contoh

Definisi dan Macam UML menurut para ahli disertai contoh
(Definisi dan Macam UML menurut para ahli disertai contoh)

Banyak sekali yang bertanya kepada saya mengenai pengertian dan macam-macam UML menurut para ahli serta contoh pembuatan diagramnya. Banyak dari mereka belum memahami perbedaan antara UML, Agile, Prototyping, Waterfall, SDLC, ERD, DFD, diagram, flowchart dll. Semua akan saya jelaskan Semaksimal mungkin beserta contoh dan cara membuatnya di blog ini. Untuk pemahaman sekilas saya akan beri gambaran sedikit mengenai perbedaannya.

Dalam pengembangan sistem informasi kita akan berkecimpung didalam model pengembangan dan model penggambaran. Nah dari deretan pertanyaan diatas yang membedakan satu dengan lainnya yaitu cara pengembangan dan cara penggambarannya. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sistem informasi silahkan baca Pengertian lengkap sistem informasi menurut para ahli

Dalam pengembangan sistem informasi banyak sekali metode yang dapat kita gunakan, metode tersebut harus disesuaikan dengan kasus yang akan kita hadapi. Metode pengembangan sistem diantaranya yaitu Agile, Prototyping, Waterfall, SDLC. Sedangkan untuk membantu dalam penggambaran sistemnya agar mudah dipahami maka digunakan lah beberapa penggambaran sistem diantaranya UML, ERD, DFD Flowchart dll.

Jadi pemahaman dasar sebelum melakukan pengembangan sistem informasi yang perlu kita pahami terlebih dahulu yaitu apa perbedaannya, fungsinya, dan kita harus tahu kita akan menggunakan yang mana untuk pengembangan dan penggambarannya.

Pengertian UML menurut para ahli

Banyak sekali artikel diluar sana membahas mengenai uml. Namun apakan tulisan mereka benar-benar bersumber dari pakan ahli? atau mereka mendapati sebuah artikel lalu menulis ulang dengan memodifikasi gaya bahasa? disini saya akan membahasnya dari pengalaman pribadi saya dengan dasar buku dari para ahli.

Unified Modeling Language atau yang sering kita sebut dengan UML ini merupakan gambaran sistem yang akan kita kembangkan. UML ini sudah menjadi standarisasi internasional dalam penggambaran sistem, penggambaran analisa, penggambaran dalam bentuk grafik, penggambaran desain tampilan, penggambaran alur dll.

Kapan menggunakan UML?

Untuk mengetahui kapan kita menggunakan UML kita harus tahu terlebih dahulu kasus yang kita hadapi. Sebesar apa kebutuhan yang akan kita hadapi. Jika memang sistem yang akan anda kembangkan lumayan besar maka saya sarankan untuk menggunakan UML. karena dengan menggunakan UML secara archive akan lebih detail.

Misalkan Anda ingin mengembangkan sistem toko online yang memiliki target market seluruh indonesia. Nah dengan kasus seperti ini saya sarankan untuk menggunakan UML karena dengan menggunakan UML sistem yang akan anda kembangkan akan lebih tersetruktur dan mudah dikembangkan ulang walaupun dikembangkan oleh penggembang yang berbeda.

Macam-macam diagram dalam UML

Banyak sekali macam-macam diagram yang terdapat didalam UML ini. Berikut adalah gambar seluruh diagram yang ada di dalam UML.
Daftar Semua Diagram UML
Daftar semua diagram UML

Structure Diagrams

Diagram ini merupakan diagram yang menggambarkan struktur dari sistem yang akan kita kembangkan. Diagram ini terbagi menjadi beberapa diagram diantaranya yaitu :

Behaviour Diagrams

Behaviour diagrams ini merupakan diagram yang menggambarkan lebih ke suatu alur aktivitas. Jadi gerak alur sistem, actor dan lain-lain akan terlihat disini. Berikut ini adalah diagram-diagram yang terdapat didalam Behaviour Diagrams:
Dalam penggunaan UML ini para pengembang jarang menggunakan semua diagram. Namun saya sarankan kepada anda, lebih baik menggunakan semuanya, karena dengan menggunakan semua diagram ini maka dokumen pengembangan sistem yang anda buat akan lebih terperinci. Sehingga ketika sistem terjadi kerusakan, atau sistem ingin dikembangkan ulang oleh orang yang berbeda maka proses pengerjaannya lebih cepat. Karena pengembang yang baru dapat mempelajari dengan mudah di dokumen tersebut.

Diagram Inti dari UML

Sudah saya katakan diatas bahwa tidak semua pengembang menggunakan semua diagram yang ada di dalam UML. Mereka hanya mengambil diagram-diagram inti saja sebagai perwakilan. Lalu diagram apakah yang digunakan oleh para pengembang ini?. Para pengembang biasanya hanya menggunakan beberapa diagram berikut :
Selain dari ke empat diagram diatas, para pengembang juga membuatkan User Interface. User interface ini dapat berupa gambaran Form-Form yang dibuat sesuai dengan rancangan pengembangan yang ia kerjakan. Ketika menggambarkan form-form ini para pengembang juga harus menjelaskan secara rinci baik dari segi cara penggunaan, fungsi tombol, field dll.
Itulah Ulasan saya mengenai Pengertian dan macam-macam UML menurut para ahli serta contoh pembuatan diagram. Karena artikel ini cukup panjang jika di lanjutkan dalam satu halaman maka saya akan menlanjutkan di artikel saya berikutnya.

Terima kasih,
Semoga Bermanfaat.

0 komentar :