Definisi sistem informasi menurut pakar ahli dalam bukunya

Definisi sistem informasi menurut pakar ahli dalam bukunya
(Definisi sistem informasi menurut pakar ahli dalam bukunya)

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai Definisi sistem informasi menurut pakar ahli dalam bukunya yang terfokus ke arah sistem informasi. Kita juga akan mengulas mengenai komponen yang ada dialamnya, serta membahas mengenai ruang lingkup nya.

Definisi Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah kumpulan dari beberapa komponen seperti perangkat lunak, perangkat keras, brainware yang telah memiliki infrastruktur yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya sehingga dapat menciptakan sebuah sistem dan dapat menghasilkan informasi.

Para pengembang atau developer biasanya mengembangkan suatu sistem sesuai dengan kebutuhan si pengguna. Sebelum membuat sebuah sistem biasanya Developer melakukan analisa terhadap kasus yang tengah dihadapi, kemudian mencari solusi, membuat infrastruktur yang kemudian dituangkan kedalam sistem untuk membantu meringankan masalah tersebut.

Dalam artikel yang saya beri judul "Definisi sistem informasi menurut pakar ahli dalam bukunya" ini kita akan membahas beberapa definisi seperti definisi sistem, definisi informasi, ruang lingkup, serta komponen-komponen yang ada di dalamnya. Artikel ini saya tulis berdasarkan referensi dari buku :
Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta
AL-BAHRA BIN LADJAMUDIN. 2005. Analisi dan Desain Sistem Informasi.
Andi. Yogyakarta. Krismiaji.(2005). Sistem Informasi Akuntansi, Unit Penerbit dan Percetakan
Abdul Kadir. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.
Jogiyanto Hartono MBA. Ph. D. 2004. Pengenalan Komputer. Andi. Yogyakarta
Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta
Moh.Nazir,Ph.D. 2011. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Tata Sutabri. 2012. Konsep Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta
Marihot Tua Efendi Hariandja, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.
Grasindo. Jakarta.
Rosa A.S, Shalahudin, I Putu Agus Eka Pratama, Widorini Sunaryo, Tata Sutabri, Panduan UTI (Universitas Teknokrat Indonesia)

Definisi sistem

Pada umumnya suatu sistem terbentuk dari Gabungan beberapa komponen-komponen kecil yang saling terkait, saling membutuhkan satu sama lain dan saling bekerja sama dalam waktu tertentu untuk tujuan yang sama. Contoh kasus yang lain Saya beri contoh yaitu tentang sepeda motor, sepeda motor saya misalkan adalah suatu sistem yang sangat kompleks.

Dimana komponen-komponennya?

Komponen-komponen kecil yang membentuk sepeda motor yaitu seperti spion, mesin, rantai, pelek dan lain-lain. komponen-komponen inilah yang membentuk suatu jaringan yang terkait satu sama lainnya dalam rentan waktu yang sama dengan tujuan yang sama. Namun kali ini kita tidak membicarakan tentang sepeda motor karena kita adalah pelajar di ruang lingkup komputerisasi. Kita akan lebih fokus membahas tentang masalah komputerisasi terlebih dahulu. (definisi sistem ini juga berlaku untuk sistem yang lain).

Apa definisi sistem didalam ruang lingkup sistem informasi?

Apakah Anda pernah mendengar sistem informasi? apakah Anda pernah mendengar sistem operasi? atau apakah Anda Anda pernah mendengar sistem geografis? banyak dari kita menggunakan tatanan bahasa seperti di atas namun banyak pula dari mereka yang belum mengerti tentang sistem itu apa.

Menurut buku dari seorang penulis tentang sistem informasi, sistem informasi ini didefinisikan sebagai sekumpulan prosedur yang saling berkaitan dan saling berhubungan untuk melakukan suatu tugas bersama-sama. jadi secara garis besar sebuah sistem informasi itu terdiri dari komponen-komponen yang saling berkaitan untuk melakukan suatu tugas bersama-sama. komponen-komponen yang tersusun di dalam suatu sistem ini secara garis besar dibagi menjadi beberapa aspek yaitu aspek software, aspek hardware, dan aspek brainware.

Apa yang dimaksud dengan software ini?

Software adalah suatu perangkat lunak yang tertanam di dalam suatu hardware atau perangkat keras. Banyak sekali Contoh untuk software misalkan sistem operasi Windows, Ubuntu, Garuda Os dan lain-lain. Software aplikasi seperti Microsoft Office, Adobe, Browser dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan perangkat keras?

Perangkat keras merupakan suatu perangkat yang berwujud dan dapat disentuh dengan tangan. Perangkat keras ini merupakan sarana yang dibuat manusia sebagai wadah dari software-software yang nantinya akan dibuat sebagai sistem. Dalam kasus sistem informasi perangkat keras dapat saya contoh kan seperti monitor, keyboard, Mouse, artis, processor, dan lain-lain.

Apa yang dimaksud dengan brainware?

Brainware merupakan suatu kemampuan pikiran seseorang untuk menuangkan suatu ide dan analisis di dalam menciptakan dan menggunakan software dan hardware sehingga terbentuklah suatu sistem .

Definisi informasi

Terkadang kita sering mendengar suatu istilah-istilah dan bahkan kita sudah menggunakannya, namun kita tidak dapat mendefinisikan apa istilah-istilah tersebut. Apa yang dimaksud dengan informasi. Pernahkah teman-teman mendapat koran lalu membacanya? Pernahkah anda melihat daftar nilai Anda? Pasti pernah.

Apa definisi dari informasi ?

Informasi merupakan suatu hasil pengolahan data dari berbagai sumber sehingga dapat memberikan nilai dan arti serta manfaat bagi mereka yang menerimanya. Sebelum dikelola data-data tersebut masih mentah. Saya misalkan Anda memiliki suatu data yang masih mentah yaitu "dikaseba". Dari data yang kita peroleh yaitu "dikaseba", Apakah orang lain dapat mengerti informasinya? (mungkin bisa tapi hanya dengan menebak-nebak)
  • Apa yang dimaksud dengan dikaseba?
  • Apakah itu merupakan ruangan kelas yang diberi nama dikaseba?
  • Apakah itu suatu nama dari seorang pelajar?
Agar suatu data mentah ini menjadi suatu informasi maka kita dapat mengumpulkan data-data kemudian mengolahnya menjadi satu kesatuan. Masih dalam kasus yang sama kita sudah memperoleh "dikaseba" kemudian kita mendapat data mentah kembali yaitu "daftar nama blog" kemudian "tema komputer". Dengan hanya beberapa pengumpulan data data mentah tersebut kita dapat mem-prosesnya menjadi satu kesatuan sehingga menjadi sebuah informasi. Proses ini lah yang disebut pengolahan data. Lalu informasi apa yang kita tangkap setelah melakukan pengolahan?

Informasi itu dapat kita satukan menjadi : dikaseba adalah nama domain blog yang membahas tentang komputer. Proses ini nanti akan terjadi di pemrograman yang Anda lakukan dengan memanipulasi basisdata.

Komponen-komponen didalam sistem informasi

Komponen-komponen yang ada di dalam sistem informasi yaitu : input, output, software, hardware, basis data, control basis data, teknologi dan jaringan komputer. Untuk itu silahkan baca Contoh dan Fungsi komponen lengkap sistem informasi. Terlalu banyak bro kalau saya tulis disini hehe.

0 komentar :