Pengertian dan Contoh Class Diagram dengan Edraw max

Pengertian dan Contoh Class Diagram dengan Edraw max
(Pengertian dan Contoh Class Diagram dengan Edraw max)

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian Class diagram di dalam UML (Unified Modeling Language), Selain itu kita juga akan mempelajari tentang Contoh-contoh Class Diagram serta cara membuatnya menggunakan Edraw Max. Jika Anda belum memiliki atau belum tahu tentang Edraw max silahkan Download sekarang juga dengan klik link :
Download Edraw Max Pro Lisence Gratis Resmi Keluaran Pihak Edrawsoft

Sebelumnya kita telah membahas tentang UML di artikel saya sebelumnya. Saya anggap Anda sudah membacanya sehingga dapat mempermudah pemahaman kita dalam membaca artikel ini. Jika Anda belum membacanya tinggalkan halaman ini sejenak membaca artikel sebelumnya Definisi dan Macam UML menurut para ahli disertai contoh.

Pengertian Class Diagram

Seperti yang saya jelaskan di artikel saya sebelumnya, dalam pengembangan sistem informasi dengan sekala besar memang sangat penting. Dengan adanya Class Diagram ini pengembang sangat di mudahkan dalam pembuatan basis data dengan metode OOP (Object Oriented Programming). Metode ini sangat dianjurkan bagi Anda karena dengan OOP dapat berorientasi pada objek seperti permasalahan yang terjadi sehari-hari.

Menurut para ahli Class Diagram adalah suatu rancangan yang diterapkan dalam bentuk diagram dengan tujuan menggambarkan interaksi-interaksi atar kelas yang terjadi dialam suatu sistem. Dengan menggunakan Class Diagram ini Anda akan di permudah dalam pengembangan sistem informasi karena aliran struktur antar kelas akan terlihat jelas arah nya.

Begini cara gampangnya, Class diagram ini adalah rancangan awal basis data (Database) dari sistem yang akan kita buat. Jadi sebelum kita membuat basis data maka hal pertama yang harus kita kerjakan adalah membuat Class diagram ini. Sehingga dalam pembuatan basis data akan lebih mudah. Jika Anda kurang jelas mengenai hal ini, silahkan ulangi kembali bacaan diatas lalu lanjutkan ke bawah agar anda nanti benar-benar faham mengenai Class Diagram ini.

Fungsi dan Tujuan Class Diagram

Sebenarnya mengenai fungsi dan tujuan Class Diagram ini sudah saya singgung di atas. Agar lebih jelasnya saya akan langsung ke sebuah kasus sehingga Anda mudah untuk mempelajarinya. Coba baca pelan-pelan sambil membayangkan bahwa diri anda adalah adalah seorang analis.
  • Ada suatu perusahaan sedang membutuhkan pengembang sistem (developer) untuk membuat website toko online. Perusahaan tersebut memilih satu team pengembang yang benar-benar terpercaya menyelesaikan project ini.
  • Bayangkan Anda adalah salah satu anggota dari Team Pengembang tersebut.
  • Didalam Team pengembang ini Anda adalah seseorang yang terpilih menjadi seorang analis. Maka anda akan segera terjun ke perusahaan tersebut untuk mengumpulkan semua data-data yang berhubungan dengan project tersebut.
  • Anda berhasil mengumpulkan banyak data diantaranya data admin, data pelanggan, data produk dll. Ketika Anda kembali ke team anda, apa yang mereka inginkan? Mereka ingin tau seperti apa alur data yang akan dibuat nantinya. Karena banyak sekali pertanyaan jika Anda hanya menyerahkan hanya sekedar data. Mungkin mereka akan bertanya, data produk ini memiliki atribut apa saja? data produk ini terhubung kemana? data produk ini bisa dilakukan pencarian atau tidak? data produk ini nanti bisa dihapus atau tidak? dan bla bla bla banyak sekali.
Bayangkan dalam satu kelas saja banyak sekali pertanyaan yang timbul. Sedangkan satu kelas memiliki atribut yang sangat banyak. Misalkan kelas admin, di dalam Kelas Admin terdapat atribut id_admin, nama_depan, nama_belakang, sandi, tanggal_lahir, dll dan anda harus menjelaskan satu persatu.

Dari situlah kita buat Class Diagram agar dapat mempermudah kita dalam pembuatan basis data. Selain untuk rekan dalam team, Class diagram juga akan mempermudah kita sebagai bahan dokumentasi project. Sehingga Anda, team anda dan bahkan pengembang lain dalam waktu yang berbeda pun dapat dengan mudah untuk memahami project tersebut.

Contoh Class Diagram


Contoh Class Diagram Menggunakan Eddraw Max
Contoh Class Diagram
Menggunakan Eddraw Max
Jika Gambar tidak jelas silahkan lihat Class Diagram dengan versi HD . Dengan membuka di versi HD nya Anda dapat melihat dengan detail isi dari masing masing kelas karena gambar yang ini hanya sebagai preview saja.
Jika anda belum memahami tentang simbol class diagram silahkan baca Penjelasan Simbol Class Diagram dan Fungsinya dalam UML.

Gambar ini adalah Class Diagram yang saya kerjakan untuk Aplikasi Pengelolaan dan pengiriman data di salah satu perusahaan besar yang terletak di Bandar Lampung Tengah.

Cara Membuat Class Diagram dengan Edraw max

Kenapa saya menggunakan edraw max? Karena Edraw max ini sangat lengkap. Edraw max ini dibuat tidak diperuntukan hanya dibidang pengembangan sistem namun ada 19 fitur salah satunya yaitu untuk pengembangan sistem informasi ini. Buat Anda yang suka membuat kartu nama, membuat peta, undangan dan lain lain bisa menggunakan aplikasi ini.

Berikut adalah langkah-langkah membuat class diagram di Edraw Max :

  • Buka Edraw Max
  • Setelah Edraw max terbuka anda akan dihadapkan sekitar 19 pilihan. 
  • Pilih New > Software > UML Model Diagram.
  • Setelah itu maka akan terbuka jendela baru.
  • Untuk membuat Class diagram kita cukup klik menu disamping yaitu UML Clas Diagram.
  • Kemudian pilih Class lalu pindahkan mouse dan Klik di daerah Drawing. Atau Anda Juga dapat menarik (Drag) Class Lalu arahkan Ke daerah Drawing. Agar lebih jelas silahkan lihat gambar berikut ini.
Langkah Perama Class Diagram dengan Edraw max
Langkah Perama Class Diagram dengan Edraw max
Langkah Perama Class Diagram dengan Edraw max
Langkah Perama Class Diagram dengan Edraw max
Selanjutnya Anda tinggal mengubah tulisan-tulisan yang ada didalam Class sesuai dengan data yang anda dapatkan.

Untuk mengganti text silahkan klik pada bidang yang ingin diganti text nya.
Untuk mengganti warna gambar anda klik terlebih dahulu bagian yang ingin anda ganti. kemudian silahkan pilih warna yang tertera sekitar area gambar (lokasinnya berbeda-beda, tapi defaultnya ada dibawah).
Untuk membuat garis penghubung Anda dapat menambahkannya melalui menu UML Use Case Diagram > Communication.
Pada dasarnya semua aplikasi itu sama saja, Tinggal seberapa sering kita menggunakan dan seberapa tinggi rasa keingintahuan kita terhadap aplikasi tersebut.
Sekian penjelasan saya mengenai Pengertian Fungsi Contoh dan Cara Membuat Class Diagram dengan Edraw max. Saya berusaha membuat artikel ini semudah mungkin untuk dipahami teman-teman semua.
Terima kasih,
Semoga Bermanfaat.

0 komentar :